Monday, July 20, 2009

Promosi Blog Dengan Membuat Halaman Penggugah

Oleh Harmen Batubara
Halaman penggugah disini adalah yang kita sebut juga sebagai ; landing pages! Landing Pages, disebut juga sebagai promotion pages yakni suatu halaman khusus yang didesain sebagai sarana promosi dari produk yang kita jual. Fungsinya adalah untuk membuat para pengunjung tertarik membacanya dan kemudian mau membacanya dan selanjutnya mau membeli produk dimaksud.
Karena itu sebuah halaman penggungah, baru dikatakan berhasil kalau mampu membuat para pengunjung untuk tetap membacanya, kemudian makin tertarik lagi melihat berbagai kandungan dan manfaat yang dipromosikan, dan lebih hebat lagi kalau para pengunjung itu mau melakukan pembelian. Minimal kalau ia belum membeli tetapi ia mau melakukan sesuatu, misalnya dengan meninggalkan alamatnya atau e-mailnya.
Karena itu halaman penggugah harus dibuat dengan cermat, baik dan memikat serta bahasa yang enak serta lay out yang memikat. Minimal di langkah awal, mampu membuat pengunjung terkesima pada pandangan pertama. Woww produk apa ini? Bgitulah kira-kira ungkapan mereka begitu halaman penggugah anda di Klik. Karena itu wajib hukumnya, untuk membuat sebuah halaman penggugah yang baik, elegan dan memikat. Pokoknya yang the bestlah. Sama ketika anda ketemu pacar anda pada pandangan pertama, yang membuat anda tergetar. Meski begitu pada dasarnya halaman penggugah ini tidaklah jelimet, isinya yang utama tentulah tentang produk yang anda tawarkan, khasiat atau manfaatnya yang utama, dan kalau mereka beli keuntungan apa yang akan mereka peroleh. Kemudian anda juga memuat beberapa pengakuan atau testimoni dari mereka yang telah membelinya, lengkap dengan bukti-bukti yang tidak terbantahkan.
Pada dasarnya ada empat hal utama yang wajib anda perhatikan dalam membuat suatu halaman penggugah; pertama, Desain secara umum, halaman penggugah anda harus enak untuk dilihat. Kedua; Judul Halaman Penggugah dan ringkasan produk yang anda tawarkan. Buatlah agar tampilannya serasi dengan Web atau Blog Anda. Atur besar kecil dan warna font yang anda pake, sehingga terlihat serasi dan memikat. Begitu melihat orang akan tahu produk yang ditawarkan dan senang membaca iklannya.
Ketiga, perkuat tampilannya dengan gambar-gambar atau sket, atau grafik pendukung, yang mampu member kesan adanya sentuhan professional dan jangan lupa menyelipkan alamat URL atau affliasi anda di dalamnya. Dengan demikian sekali orang meng Klik, para pengunjung akan dibawa ke suasana tertetu yang membuat atau menggugah semangat mereka untuk membeli. Keempat, Tonjolkan Keuntungan yang akan kastomer peroleh seandainya mereka membeli produk tersebut. Uraiannya jangan terlalu panjang, dan jangan berlebihan dalam meing iklankannya. Buatlah dengan semangat yang wajar, mungkin tidak lebih dari 4 – 5 baris. Tetap perhatikan tata kelola atau lay outnya, dan jangan lupa menyelipkan URL affliasi anda.
Kelima, tuliskan ajakan untuk membeli dengan cara sederhana. Misalnya dengan format tulisan “click here,” “Go,” atau “visit site.” Cara seperti ini sangat lumrah ditemukan di dunia internet. Berikan juga perintah-perintah yang pas agar mereka melakukan sesuatu.

Tapi, cara yang paling di sarankan adalah dengan membuat kalimat persuasive lain yang lebih “ces pleng” menarik pengunjung. Missal, “download ebook gratis di sini,” atau “ada diskon 50%.” Pada intinya anda harus datang dengan semangat member, baik lewat “Down Load secara gratis” maupun dengan penawaran diskon dalam jumlah tertentu.

Nah, sekarang anda siap berkreasi dengan landing pages anda? Tapis sebaiknya jangan terburu-buru. Anda bisa browsing dan melihat-lihat terlebih dahulu bagaimana orang lain melakukannya di situs web yang memiliki halaman penggugah. Siapa tahu anda dapat inspirasi dari sana.

No comments: