Tuesday, June 22, 2010

Tip Memasarkan Bisnis Affiliasi Anda

Bisnis Affiliasi atau Affiliate Marketing adalah bisnis  yang  tepat untuk mereka yang baru atau ingin mencoba mulai berbisnis di internet (Pemula). Karena  lebih sedikit resiko dan banyak hal yang tidak perlu banyak yang dipikirkan,  bila dibanding kalau kita punya produk sendiri. Salah satu kemudahan kalau kita menjalankan bisnis Affiliasi adalah kita tidak perlu pusing masalah pengembangan produk dan biaya pengiriman.

Sebagai seorang affiliate kita hanya perlu dan focus untuk mempromosikan produk tersebut sehingga orang lain tertarik,  lalu mau membelinya. Lebih mudah daripada kalau harus membuat produk sendiri. Namun begitu dalam bisnis affiliasi ini kita tetap  perlu banyak kerja cerdas dan keras, khususnya dalam hal mempromosikan produk.

Berikut anda harus memahami dahulu bisnis affiliasi anda dan apa saja hal yang harus anda ketahui (khususnya bila anda seorang pemula) agar bisa berhasil dalam bisnis affiliasi atau Affiliate Marketing ini.

1.  Pilih produk yang tepat.  Salah satu kuncinya adalah lebih baik memilih produk yang paling banyak dicari orang, meskipun dia memberikan komisi sedikit akan lebih baik daripada kita memilih produk yang memberikan komisi tinggi tetapi jarang atau tidak diminati / dicari orang. Jadi pilihlah produk  yang banyak atau sedang banyak dicari orang lain, maka dijamin penjualan anda akan bisa laku keras.
2.     Gunakan produk tersebut. Jika memungkinkan dan sebaiknya, maka cobalah dulu produk yang akan anda jual. Coba dan khususnya dimana kelebihan dan kekuranganya. Jangan dulu berfikir tentang keuntungan yang akan anda peroleh, jangan tergoda berapa uang yang harus anda keluarkan untuk mencoba produk tersebut. Karena biaya anda tersebut nantinya akan bisa tertutupi/tergantikan dengan komisi yang akan anda dapatkan. Dengan mencoba produk tersebut terlebih dulu maka anda aka tahu seberapa kualitas produknya dan anda bisa membuat sebuah review berdasarkan pengalaman anda pribadi. Sehingga bila ada yang bertanya akan produk tersebut, anda bisa menjawabnya berdasarkan apa yang anda rasakan.

3.         Fokus pada satu program affiliasi. Meskipun anda bisa untuk mengikuti beberapa program afiliasi sekaligus pada saat yang sama, tapi akan lebih baik kalau pada masa-masa awalnya anda fokus dulu ke satu program bisnis affiliasi saja. Dengan fokus ke satu bisnis akan membuat anda lebih mudah untuk mempelajari dan memahami secara baik tentang hal-hal dasar dalam afiliasi marketing. Pemahaman seperti ini  anda perlukan agar anda sendiri bisa yakin dalam menjalankan bisnis ini. Karena pada dasarnya meskipun bisnis affiliasi adalah binis yang sangat mudah, namun anda tetap perlu untuk berusaha secara sungguh-sungguh, intens dan continue memasarkan bisnis affiliasi anda. Camkan juga, tidak ada atau jarang ada  orang yang bisa berhasil dalam sesaat, terlebih lagi  kalau itu tanpa usaha. Nah, dengan fokus pada salah satu program bisnis affiliasi  akan membuat anda mampu untuk mewujudkan keberhasilan anda dalam bisnis affiliasi ini.


4. Manfaatkan Iklan yang tepat, dan coba  Pay per Clik. Anda perlu mencoba untuk menggunakan iklan PPC, karena iklan PPC ini dipercaya sebagai alat yang tepat bagi anda untuk berpromosi khususnya dalam bisnis affiliasi. Search engine seperti Google memiliki program ini (Adword). Dengan iklan PPC ini kita hanya perlu membayar sejumlah klik yang terjadi pada link iklan kita, jadi jangan khawatir kalau anda akan rugi karena sudah membayar namun iklan anda tidak ada yang meng-klik. Ini lebih baik daripada harus membayar untuk memasang iklan di suatu situs iklan, meski iklan tersebut anda yang meng-klik atau tidak. Iklan PPC biasanya memasang harga dengan biaya yang terjangkau mulai dari $ 0,01 sampai $0,05 per klik-nya. Besaran ini bisa anda sesuaikan dengan budget anda.

5.      Promosikan melalui Web/Blog. Anda perlu untuk mempromosikan produk bisnis affiliasi anda melalui blog/web pribadi anda. Saran saya, dan ini belajar dari pengalaman, lebih baik anda membuat satu buah blog/situs untuk mempromosikan satu produk bisnis affiliasi yang anda miliki. Bila nantinya anda punya  lebih dari satu produk affiliasi yang harus anda promosikan, maka lebih baik anda membuat blog baru untuk masing-masing produk tersebut.Karena dengan begitu maka situs anda akan terkesan lebih profesional, dan juga bisa lebih fokus menjual.


Dengan mengetahui atau memahami beberapa hal tersebut maka ada baiknya anda mengingatnya baik-baik dalam dalam diri anda, maka anda akan lebih siap untuk memulai sebuah bisnis affiliasi dengan sukses. Seperti yang telah saya sampaikan diatas, fokus pada satu BISNIS AFFILIASI merupakan salah satu rahasia utama dalam USAHA BISNIS affiliasi. Hal inilah yang perlu diterapkan oleh setiap pemula, sehingga nantinya ia bisa terus mempelajari lebih lanjut dan dapat mengembangkan strateginya sendiri dalam menjalankan bisnis affiliasi ini. 

Jika nantinya satu bisnis affiliasi anda telah bisa dan berhasil dengan baik anda jalankan, maka anda bisa menambahkan program bisnis afiliasi lainnya untuk anda ikuti. Yang penting adalah anda mau mengambil langkah pertama untuk memulai bisnis affiliasi anda di dunia maya dunia internet.(harmen yunior)












No comments: