Saturday, May 29, 2010

Bepromosi Gratis di Internet

Oleh :  Ari

Saat ini, internet telah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya warnet dan juga layanan mobile internet untuk memudahkan pengguna untuk mengakses informasi berbasis internet dari ponsel mereka. Bahkan dibeberapa kalangan, internet telah menjadi suatu kebutuhan khusus, terutama kalangan pebisnis atau para pemain saham yang harus selalu memantau pergerakan harga saham melalui internet.

Dan satu hal yang pasti bahwa selain dari banyaknya informasi dan hiburan yang ditawarkan, internet juga bisa menjadi sarana promosi yang menjanjikan untuk produk-produk yang ingin kita tawarkan. Tentu saja ini tidak mudah, dan butuh proses yang lumayan panjang untuk meraih kesuksesan. Namun dengan biaya yang relative lebih murah dan daya jangkau yang tidak terbatas, berpromosi di internet sangatlah patut untuk dipertimbangkan.

Saya sering mendapatkan pertanyaan apakah bisa bisnis internet tanpa modal alias gratis? Jawaban saya adalah bisa jika koneksi internet tidak dihitung sebagai pengeluaran.

Untuk pembuatan website, anda bisa mengandalkan penyedia situs atau blog gratis semacam blogger.com. Setiap orang bisa dengan gampang membuat website atau toko online untuk menawarkan produk mereka lewat internet. Tidak perlu menjadi seorang ahli atau menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk belajar membuat website yang bagus, dengan banyaknya sumber atau tutorial gratis di internet, anda bisa dengan mudah mendapatkan panduan dalam pembuatan website yang baik.

Tentu saja, fitur dan layanan yang ditawarkan tidak sebanyak atau selengkap layanan situs dengan hosting berbayar, tapi untuk seorang pemula ini bisa jadi pilihan yang baik, sekaligus untuk sambil lalu mempelajari semuanya.

Dalam mempromosikan website yang telah anda buat, ada banyak pilihan layanan promosi website yang murah, bahkan gratis yang bisa anda coba, seperti layanan iklan baris gratis, yang memungkinkan postingan iklan anda di terbitkan di beberapa website-website rekanan. Lagi-lagi dengan sangat terbatasnya kapasitas isi iklan, anda harus benar-benar cermat dalam pemilihan kata untuk hasil yang lebih maksimal.

Cara gratis lain yang juga cukup ampuh untuk mendongkrak popularitas website anda adalah dengan aktif mengikuti milis (mailing list) bisnis misalnya: groups.yahoo.com. Situs ini adalah salah satu favorit bagi banyak orang untuk berpromosi. Salah satu alasan utamanya adalah gratis. Selain itu  biasanya yang tergabung dalam satu milis tertentu dalah orang-orang yang tertarik pada satu topik tertentu sehingga tidak terlalu sulit untuk menawarkan informasi yang sesuai.

Menyebarkan informasi secara offline juga bisa dijadikan sarana untuk mendapatkan traffic. Anda bisa menghubungi teman-teman anda lewat telp atau SMS.  SMS sepertinya lebih baik karena situs yang ingin anda promosikan bisa langsung dilihat.

Secara online, anda bisa memanfaatkan website jaringan sosial, seperti facebook atau twitter untuk memberitahu teman anda atau sekalian meng-update konten-konten baru website anda.

Jadi kalau bicara apakah bisa, tentu saja bisa.

No comments: