Thursday, August 06, 2009

Jangan Lupa Back-Up Blog atau Site Anda

Oleh : Dian Amelya

Saya pribadi setiap akan ganti Theme pada blog atau site saya, hati saya selalu ngedek-dek, maksud saya sebenarnya wordpress selalu mengingatkan pemakainya, pada setiap akan meng-up grade agar Themenya agar meng back –up blog atau sitenya. Tetapi sejak dahulu, saya selalu tidak melakukannya, barulah belakangan ini back-up itu saya lakukan. Sebab upaya melakukan back-up itu penting, terutama kalau terjadi sesuatu dengan blog atau site kita, atau malah bisa saja di matikan oleh pemilik wordpress atau bloggernya. Upaya back-up pada blog itu perlu dan patut dilakukan. Untuk wordpress cukup lakukan beberapa langkah berikut;

Setelah login, cari kelola, lalu klik “Kelola” atau “Manage”
Kemudian lihat ekspor dan Klik Ekspor
Klik Unduh Berkas Ekspor dan sudah itu Simpan di komputer Anda.
Data blog anda aman, selesai.
Langkah pengamanan data seperti itu, perlu anda lakukan secara berkala (mingguan, bulanan, semesteran, dll tergantung perkiraan anda)
Kalau misalnya dan ternyata benar-benar terjadi adanya, dan blog wordpress anda ditutup, pengelolanya, maka anda tinggal buat akun baru , bisa di wordpress.com atau di blogger.com.
Back-up semacam ini juga berguna kalau suatu saat anda pindah ke hosting sendiri. Caranya dengan mengupload file ekspos tadi ke blog wordpress baru anda tersebut. Kalau tidak percaya, coba saja.

Cara memback-up file di blogger blogspot sudah saya tulis di sini yaitu dengan cara mengimpor seluruh isi blogger blogspot ke wordpress. Apakah setelah itu posisi sudah aman? Apakah posisi di wordpress sudah terjamin? Belum. Tidak menutup kemungkinan blog wordpress kita oleh satu dan lain ditutup oleh yang punya wordpress, untuk langkah jaga-jaga, maka tak ada salahnya kalau kita juga memback-up isi blog wordpress.com kita. Dengan cara yang mudah sistem “keamanan berlapis” semacam ini bisa kita lakukan. Ikuti tips tutorial back-up blog wordpress berikut:

No comments: