Monday, August 10, 2009

Pasang Iklan, Memang Wajib Kenapa Takut

Oleh ; Harmen Batubara
Memang ya, kalau motivasi anda hanya cari uang, ketenaran dan sebagainya, maka yang patut anda pikirkan adalah cara membuat agar bisnis anda berkembang, maju, mengahasilkan dan membawa berkah. Salah satu jalan ke sana, ya membuat site anda ramai dikunjungi orang. Bagaimanapun anda pastilah senang, kalau site anda ramai dikunjungi. Kalau itu tujuan anda, ya ber iklanlah. Jika anda mau cari contoh tentang pengusaha yang sukses di iklan, ya banyak contohnya, dan itu dapat dipelajri, meskipun jaminan untuk berhasil itu tidak ada. Yang penting anda harus tahu caranya, strateginya dan selalu lakukan evaluasi. Intinya lakukan, evaluasi, lakukan evaluasi dan selalulah berupaya agar jadi lebih baik.
Menurut mereka para praktisi iklan, percaya dan yakin kalau sebuah iklan di pasang secara tepat, maka akan banyak dikunjungi oleh orang. Angkanya bisa mencapai ribuan orang perhari, bisa diatas 2000 an atau lebih. Tetapi sebaliknya, banyak juga iklan yang sama sekali tidak dipedulikan orang. Ada beberapa jenis iklan yang bisa anda manfaatkan;
Pertama, Iklan premium; Iklan premium artinya, iklan anda akan terus terpasang di seluruh halaman di iklan baris, dan selalu ada pada urutan teratas dibandingkan Iklan baris gratis. Tidak seperti Iklan baris gratis yang dengan sangat cepat akan jatuh ke halaman 2, 3, 4 dstnya, sehingga anda harus terus menerus berulang-ulang pasang iklan lagi dan itupun harus anda ikuti perkembangannya setiap hari. Dengan memasang iklan jenis premium, iklan anda akan terus berada di halaman paling depan, dan muncul di semua halaman iklan baris, dan hanya dengan biaya yang sangat murah mulai dengan 50.000 Rupiah sebulan. Tidak begitu mahalkan? Ya kurang dari 2.000 rupiah perhari.

Kedua, Iklan Banner. Iklan banner artinya iklan anda tidak berupa iklan baris, melainkan berupa gambar yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Jika anda tidak mempunyai banner maka anda bisa mengambil iklan premium. Tapi jika anda mempunyai banner dari bisnis anda, maka dari berbagai hasil penelitian dan kata banyak pelaku, iklan jenis ini adalah pilihan yang paling baik. Harganya juga tidak mahal, bervariasi atau mulai dari 50.000. perbulan.
Ketiga, Iklan berupa “Teks Link”, teks Link adalah iklan berupa alamat website/url website atau blog anda, dengan tambahan sedikit keterangan. Yang bila diklik, maka akan langsung menuju ke website atau Blog anda. Harga teks link pada umumnya lebih mahal, bisa diatas 250.000 perbulannya. Memasang iklan teks link juga sangat berperan pada nilai rangking site atau blog anda di search engine. Karena dengan link seperti ini, anda akan mendapatkan tautan balik berupa anchor.

Nah, secara teori hanya seperti itu ilmunya, tetapi bagaimana agar iklan anda bisa berhasil, tentunya tidaklah semudah yang anda perkirakan. Bukan hanya sekedar pasang lalu hasilnya datang, tidak. Meski caranya sederhana, tetapi kalau dikelola secara professional, tentu hasilnya pasti akan berbeda. Tapi bagaimanapun dengan memasang 3 jenis iklan diatas sesuai pilihan anda, dapat dipastikan anda akan mendapatkan jauh lebih banyak kunjungan ke website atau blog anda. Dan juga jangan lupa dengan harga yang relative dapat terjangkau.

Tanpa promosi yang benar dapat dipastikan banyak orang tidak akan tahu bahwa anda ada. Produk/layanan sebagus apapun tidak akan ada artinya tanpa ada orang yang melihatnya. Website sebagus apapun yang anda miliki tidak akan ada artinya tanpa ada yang melihatnya, tetapi sekali lagi. Anda juga harus ingat bahwa banyak juga para pengelola site atau blog yang tidak peduli dengan pengunjung, artinya mau ada atau tidak ada kek, tetapi mereka tetap saja senang.

Hal yang sering kita lupakan adalah budget dalam beriklan, kalau anda mengambil paket langsung beberapa bulan atau tahun sekaligus, maka anda akan mendapatkan harga semakin murah, dan jika harga meningkat, anda tetap mendapatkan harga lama.

No comments: