Wednesday, September 16, 2009

Peran RSS Feed Dalam Blogging



Really Simple Syndication (RSS) adalah sebuah alat yang berguna untuk menyimpan atau menahan informasi di website yang sering anda kunjungi atau website yang merupakan favorit Anda. RSS memanfaatkan XML memindai kode, kemudian terus ke konten atau isi dari situs web tertentu, maksudnya untuk mencari informasi baru kemudian mentransmitkan informasi ter-update tersebut untuk selanjutnya mengirimkan informasi tersebut ke pelanggan.

RSS feed biasanya digunakan dalam blog atau situs berita, dengan demikian berita atau informasi apapun yang terbaru di website atau situs berita, maka info tersebut akan diteruskan atau dipublikasikan kepada para pelanggannya. Setiap ada informasi baru pasti akan dikirim. Umumnya info itu berisi informasi utama, sedikit teks yang relevan, dan diikuti oleh summary atau uraian singkat dari berita atau info terbaru tadi. Kalau si pelanggan tertarik, barulah Link nya di KLIK. Dengan demikian kalau beritanya ga baru atau tidak menarik, tentu saja tidak akan di Klik oleh pemiliknya.

Untuk dapat menerima RSS feed, serta bisa membaca feed, maka ada sesuatu yang diperlukan, dan ini disebut aggregator. Aggregators ada dimana-mana dan tersebar secara luas dan tersedia secara bebas online. Yang diperlukan adalah sedikit upaya pencarian “searching”. Kemudian anda akan dapat menemukan beberapa page yang memang anda minati. Kelebihan lainnya, RSS feed juga dapat dibaca dan diambil dari ponsel atau PDA.

Setelah Anda menemukan suatu situs web yang Anda senangi, anda tinggal menambahkan atau memasukkan ke aggregator, proses ini dapat dilakukan dengan bebera cara dua diantaranya gampang diingat. Hampir semua situs menawarkan layanan RSS feed dan menampilkannya sebagai "RSS" atau "XML" dengan menekan tombol satu klik, ia segera akan menambahkan atau mengisikannya feed aggregator. Namun pada beberapa aggregator, membutuhkan cara yang berbdea, harus meng”copy”nya terlebih dulu, dan kemudian menyisipkan URL feed ke program nya....

Apapun metode yang digunakan, anda harus yakin bahwa info akan segera diakses, karena dia memang telah terpasang di sana, dan ingat semua proses itu hanya dalam hitungan detik, yang selanjutnya semuanya sudah serba informasi terbaru. Dalam hal bahwa Anda tidak lagi ingin menerima atau meng updatenya, anda dapat dengan mudah menghapus atau malah mengeluarkan feed dari aggregator.

Melalui e-mail berlangganan, anda dapat secara terus menerus menerima newsletter. Di sisi lain RSS feed, dapat memberikan layanan informasi baru lebih mudah dan fleksibel jika dibandingkan dengan e-mail berlangganan dalam membawakan newsletter terbaru anda. Ya itu tadi, karena dengan RSS feed begitu instan dan langsung. Anda tidak lagi harus menunggu waktu atau hari tertentu, yang memang sudah dijadwalkan untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru, bahkan kalau lagi sial info yang anda nantikan malah tertahan karena filter spam. RSS feed pada umumnya banyak digunakan sehari-hari oleh orang orang sibuk, yang memahami dan menghargai akses yang cepat, dan laporan berita yang dapat dengan mudah dibaca dan kalau perlu hanya sekedar membaca update tertentu saja, yang menarik sesuai bisnis mereka.

Aggregators

Aggregators populer untuk penggunaan feed, umumnya memiliki beberapa jenis. Kadang-kadang disebut juga sebagai Web portal aggregators, karena sering juga, membuat tampilan khusus serta tersedia di halaman Web. Selain itu, Aggregators juga dimasukkan ke dalam e-mail patrons, pengguna desktop, atau perangkat lunak yang didedikasikan dan computer stand alone.

Menawarkan kumpulan fitur khusus, seperti menggabungkan lebih dari beberapa feed sejenis atau saling terkait dalam satu tampilan, atau mengatur penyajian informasi secara bergantian, atau berurutan dan dapat pula dengan cara-cara lain yang lebih menarik, intinya adalah informasinya cepat sampai dan peinginformasiannya sangat friendly user , perpaduan feed dan aggregator sebagai wahanan info serba guna.

Mengapa membuat feed ?

Karena dengan feed, anda akan memiliki lebih banyak pengunjung atau pemirsa. Sejak RSS Feed dipajang, pengunjung atau pemirsa anda dapat melihat situs anda dengan nyaman tanpa harus keluar dan membuka situsnya secara utuh. Walaupun pada awalnya, mungkin tampaknya kurang efisien, bahkan seolah mengurangi jumlah pengunjung secara langsung ke situs anda. Ini dimungkinkan karena pengguna dapat dengan mudah mengikuti tip-tip atau pelajaran lainnya, sementara mereka tetap berada dengan situsnya sendiri. Cara ini memungkinkan mereka untuk melihat dengan cara yang mereka inginkan. Kalau mereka tertarik, barulah mereka melakukan kunjungan secara langsung. Kalau tidak cukup hanya sekedar memantau saja.

Misalnya, setiap bulan website Anda mempublikasikan fitur atau postingan baru. Tanpa RSS Feed, maka semua orang tidak akan tahu postingan baru tersebut, kalau mereka tidak mengunjungi site anda. Sehingga mau tidak mau, mereka harus buat jadwal kunjungan atau berlangganan lewat e-mail. Tetapi dengan RSS Feed ini, semuanya jadi mudah, efisien dan selalu ter up-date. Semuanya jadi serba simple tetapi selalu ter-up-date. Mereka cukup lihat dari site atau dari ponsel mereka saja.

Untuk memilih format apa?

Sindikasi sangat membingungkan karena banyak menggunakan format yang berbeda, dan kemudian masuk ke web. Namun, dengan teknologi RSS ini semuanya jadi mudah diselesaikan dan gampang dikomunikasikan. Seperti sindikasi perpustakaan, umumnya menggunakan aggregators yang disesuaikan dengan format feed tertentu dan sudah terintegrasi, dan ini menjadikannya dapat memanfaatkan masukan dari sindikasi tertentu pula. Sehingga ga ada masalah, setiap info bisa langsung di sesuaikan dengan keinginan si pelanggan.

Dengan teknologi ini, apapun formatnya dan pilihan apapun yang diambil tidak jadi soal, terpulang pada kesenangan pribadinya masing-masing. RSS 1.0 jangakauannya jauh, praktis dan bisa diintegrasikan ke dalam sistem Web. RSS 2.0 tergolong mudah dan sangat sederhana dan gampang dioperasikan. Dan atom ia adalah IETF standar, stabil, ajeg dan banyak disenangi oleh para pemakainya.

No comments: