Tuesday, October 20, 2009

SEO untuk kalangan Pemula Newbie(1)

Formula-4
Oleh: Darren Chow

Istilah yang tepat untuk proses ini dikenal sebagai SEO, atau Search Engine Optimization. SEO adalah kombinasi dari dua komponen utama. Pertama, Anda harus belajar bagaimana untuk men-tweak halaman web Anda sehingga bot pencarian menemukan konten Anda, menjadikan search engine friendly. Setelah Anda selesai mengatur konten yang ramah atas pencarian situs, komponen berikutnya adalah untuk membangun kembali link. Tapi sebelum menyelam lebih lanjut ke SEO, Anda harus terlebih dahulu mengetahui kata kunci yang dijadikan sebagai target.

Memilih Target Keyword Phrase.

Banyak marketer Internet baru membuat kesalahan dengan memilih kata kunci yang salah untuk ditargetkan. Jadi apa yang membuat suatu kata kunci tidak pantas?

Frase kata kunci ideal Anda seharusnya sekitar tiga sampai empat kata kunci. - Jika Anda menargetkan kata-kata seperti "musik", Anda mungkin menemukan bahwa Anda mungkin tidak dapat peringkat untuk apa pun. Itu karena kata kunci itu sendiri yang terlalu umum. Apakah Anda mencari seseorang untuk mendaftar sebagai anggota, mendownload lagu, atau membeli sesuatu dari Anda, Anda ingin memastikan bahwa Anda cocok dengan tawaran yang tepat kepada khalayak yang tepat. Dengan kata lain, Anda sedang mencari lalu lintas yang ditargetkan. Jadi, bukannya memilih kata kunci seperti "musik", sebuah frase kata kunci seperti "band-band musik lokal" akan menjadi pilihan yang jauh lebih baik.

Gunakan alat penelitian kata kunci untuk memastikan bahwa kata kunci yang akan membawa Anda lalu lintas. - Jika Anda menargetkan kata kunci yang tidak jelas bahwa tak seorang pun pernah menggunakan, Anda mungkin hanya akan membuang-buang waktu dan sumber daya. Google menawarkan kata kunci gratis yang akan memberikan ide yang bagus di frase kata kunci untuk dipilih. Mengungkapkan alat perkiraan lalu lintas pencarian, serta tingkat persaingan.

Tapi jangan terlalu bergantung pada alat kata kunci untuk membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus sangat akrab dengan pasar. Tahu siapa target pelanggan Anda. Yang akan membantu Anda mencari dan menemukan kata kunci berharga. Yakinlah bahwa tidak ada orang lain yang sudah memikirkannya melebihi anda....

Pilih kata kunci dengan jumlah yang pas dan tepat untuk ikut kompetisi. - Beberapa pemasar sangat percaya bahwa kata kunci dengan persaingan sedikit lebih mudah dimanfaatkan untuk menentukan peringkat. Oleh karena itu, masuk akal untuk menargetkan kata kunci tersebut. Tetapi jika Anda sedang mengatur bisnis online, Anda ingin berada di pasar aktif. Dengan kata lain, kata kunci terbaik adalah kata kunci yang cukup banyak nilai kompetisinya, tetapi tidak terlalu jenuh. Suatu persaingan yang adil adalah indikator yang baik dari nilai sebuah frase kata kunci. Anda memiliki banyak kesempatan lebih besar untuk sukses jika Anda menargetkan kata kunci jenis tersebut.

Search Engine Yang Friendly

Untungnya, Anda tidak perlu menjadi seorang geek untuk belajar bagaimana untuk men-tweak situs Anda. Sebagian besar sistem manajemen konten SEO memang ramah serta frendly, dan bagian terbaiknya adalah, kebanyakan dari mereka adalah gratis. Yang populer termasuk Wordpress, Joomla, Drupal, dan DotNetNuke. Halaman web Anda akan menjadi ramah pencarian ketika mereka disediakan dalam sistem ini. Tetapi jika Anda benar-benar ingin mempelajari dasar-dasar, pastikan bahwa Anda mengimplementasikan hal-hal berikut.

Jika Anda mengutak-atik situs Anda secara manual, ada dua hal penting yang harus Anda terapkan. Pertama, selalu pastikan bahwa frase kata kunci target Anda dimasukkan dalam tag judul. Menggunakannya dalam kata kunci dan deskripsi META tag juga. Selanjutnya, gunakan mesin pencari ramah nama file seperti "-kata kunci Anda phrase.html". Anda dapat dengan mudah mengubah nama file html Anda menggunakan editor teks apapun.

Manual tweak dapat diimplementasikan dengan mudah jika anda memiliki site kecil. Tetapi jika Anda berpikir dari pertumbuhan website ke situs besar, anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan sistem manajemen konten (CMS). Jika Anda menggunakan CMS, berhati-hatilah untuk tidak membebani situs dengan menginstal terlalu banyak yang tidak perlu plug-in. Ingat bahwa tujuan utama Anda adalah untuk memudahkan bagi bot pencarian untuk menemukan halaman web Anda, dan untuk menentukan tema keseluruhan konten. Dengan menginstal terlalu banyak bel dan peluit yang tidak perlu, Anda membuat lebih sulit bagi bot pencarian untuk melakukan pekerjaan mereka. Untuk alasan itu, Anda sering menemukan bahwa hassle free template cenderung untuk bekerja lebih baik daripada yang fantastis. Jangan overcomplicate. Prinsip emas di sini adalah untuk menjaga hal-hal sederhana.

Bila Anda puas dengan desain dan konten, sekarang saatnya untuk membiarkan dunia tahu tentang situs Anda.

No comments: